Profil Maarten Paes, Eks Kiper Timnas Belanda U-21 yang Memilih Membela Timnas Indonesia

Profil Maarten Paes, Eks Kiper Timnas Belanda U-21 yang Memilih Membela Timnas Indonesia Maarten Paes. (Instagram/@maartenpaes)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Penjaga gawang FC Dallas, Maarten Paes akhirnya resmi berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan siap memperkuat Timnas Indonesia di ajang internasional.

Kepastian Maarten Paes menjadi WNI setelah kiper berusia 25 tahun itu melakukan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta dan dipimpin Kepala Kantor Wilayah R. Andika Dwi Prasetya pada Selasa 30 April 2024.

Paes adalah kiper kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Dia pernah membela Timnas Belanda di kelompok usia dan satu angkatan dengan salah satu kiper Timnas Belanda, Justin Bijlow ketika membela skuad De Oranje U-21.

Baca Juga : Profil Wasit yang Akan Memimpin Laga Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 di Piala Asia U-23 2024

Saat ini kiper dengan tinggi 191 cm itu bermain di Liga Amerika Serikat (MLS) bersama FC Dallas yang dibelanya sejak tahun 2022 setelah sempat berkarier dengan FC Utrecht pada 2018 sampai 2022.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Maarten Paes diketahui memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940.

Maarten Paes merupakan pemain naturalisasi rekomendasi Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia. Kiper 25 tahun itu menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada awal Maret 2024.

Baca Juga : Begini Komentar Pahlawan Kemenangan PSS Atas Persib

Maarten Paes diharapkan daapt memperkuat timnas Indonesia saat melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024 di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta.

"Saya sangat bangga. Ini adalah momen besar (bersejarah) bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia, saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai bermain (bersama timnas Indonesia)," kata Maarten Paes dikutip dari laman PSSI.

"Semuanya sudah jelas untuk Juni nanti (Kualifikasi Piala Dunia 2026). Saya rasa bangsa ini layak untuk berada di Piala Dunia, dan itu adalah target utama saya, dan bermain sebanyak mungkin. Serta memberikan dampak (bagi timnas) di dalam dan di luar lapangan. Karena saya juga ingin menjadi contoh (teladan) bagi generasi yang lebih muda," tambahnya.

Biodata Maarten Paes

Nama Lengkap: Maarten Vincent Paes

Tempat Lahir: Nijmegen, Belanda

Tanggal Lahir: 14 Mei 1998

Tinggi: 191 cm

Posisi: Kiper

Karier: NEC Nijmegen (2016-2018), FC Utrecht (2018-2022), FC Dallas (2022-....).**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini