PSSI Ungkap Empat Penyebab Munculnya Wacana Liga 1 Tanpa Degradasi

PSSI Ungkap Empat Penyebab Munculnya Wacana Liga 1 Tanpa Degradasi Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. (PSSI.org)

REPUBLIKBOBOTOH - Muncul pro dan kontra jelang bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 2021. Adalah tentang wacana penghapusan sistem degradasi di kompetisi Liga 1 musim ini.

Menurut laporan laman resmi PSSI, rencana tersebut menyeruak usai sejumlah klub mengusulkan kepada PSSI untuk meniadakan degradasi.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi menjabarkan, ada empat asalan yang membuat sejumlah klub menyampaikan usulan tersebut.

Pertama, kompetisi masih dalam suasana pandemi Covid-19. Apalagi PSSI, PT Liga Indonesia Baru dan klub juga masih belajar soal protokol kesehatan.

Kedua, bagaimana jika sebuah klub ada yang terpapar pemain dan ofisial dalam jumlah banyak.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


“Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain. Itu tentu menjadi persaingan yang tidak sehat,” kata Yunus dikutip dari laman resmi PSSI.

Alasan ketiga adalah urusan finansial. Semua klub tengah mengalami kesulitan di tengah pandemi ini. "Apalagi sponsor juga akan sulit masuk. Demikian juga dengan faktor ekonomi masyarakat yang masih sulit,"

BACA JUGA: Tak Hanya Latihan, Tim Pelatih Persib Pantau Ketat Hal Ini Selama Pemain Libur

Keempat, kompetisi Liga 1 dan 2 amat mungkin akan terbatas penontonnya sehingga akan membuat klub kesulitan untuk mencari pemasukan.

“Dari semua alasan tadi, Exco PSSI akan membawa persoalan ini Kongres Tahunan untuk dimintakan persetujuan. Kalau kongres setuju ya jalan. Kalau tidak ya akan berjalan seperti biasa. Ada promosi dan degradasi,” imbuh Yunus.

Selain itu, usulan itu juga akan dikonsultasikan dengan AFC dan FIFA apakah menyalahi aturan atau tidak.

Seperti diketahui dalam rapat Exco PSSI, ada usulan musim depan Liga 1 dan 2 tidak ada degradasi. Namun, ada promosi dari Liga 2 ke Liga 1. Berapa yang promosi belum diputuskan. (RB)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini